27 Feb 2013

Cara Membuat Goreng Gado-gado


Entahlah, sebetulnya saya sendiri kurang yakin apakah itu judul yang pas untuk resep saya kali ini.

Yang jelas saya menyisakan sedikit tahu dan jagung karena hari sebelumnya saya membuat omelet jatayu, lalu pagi-pagi saya membeli tempe. Dari kolaborasi yang sedikit aneh ini, nekat saya membuat adonan untuk saya jadikan gorengan sebagai lauk makan siang.

Ceritaku : Ibu Tukang Sayur Keren

Di sekitar daerah tempat saya tinggal, sepengetahuan saya, sedikitnya ada 4 tukang sayur yang bisa diharapkan para ibu untuk menyiapkan makanan di rumah. Satu di antaranya bapak-bapak yang berjualan keliling pakai motor, maka hanya pagi-pagi setelah subuh saja ia stand-by di depan rumahnya sambil membunyikan sirine perihal kehadirannya kepada khalayak. Otet otet otet... Begitu bunyinya. Jadi kalau pagi-pagi malas keluar karena becek atau sayang melewatkan berita, ya wasalam.

Yang kedua, sebut saja ibu tukang sayur 2. Rumahnya tak jauh dari pesantren putri, dekat dengan lapangan. Lapangan ini tepat di belakang tempat tinggal saya. Tapi ibu ini tidak setiap hari pergi ke pasar, jadi sayurannya suka gak up to date.

23 Feb 2013

Cara Membuat Dawet Ayu Ngawi Sederhana Sekali

Setiap senin, kami biasanya puasa sunnah, seperti yang dilakukan seluruh warga di pesantren tempat suami mengajar. Untuk hidangan berbuka, saya menyiapkan sendiri yang manis-manisnya. Sekaligus mengobati rasa rinduku akan kampung halaman, semakin semangat saya meraciknya. 

Nun jauh di timur, ada sebuah kota bernama Ngawi, di salah satu desanya ada yang berjualan pecel pincuk, tepo dan dawet. Teponya mantap, pecelnya pun tak kalah enak. Kalau dawetnya, saya suka membelinya sebagai pelepas dahaga di siang hari. Di sini, tentu saja menjadi hal yang mustahal eh mustahil untuk membeli dawet yang sama persis seperti di Ngawi. Setelah saya dapat resepnya dari ibu, saya praktekkan sendiri di rumah. Karena nama saya ayu, jadilah namanya Dawet Ayu, hehe

21 Feb 2013

Membuat Wall Reminder Agenda Menggunakan Origami

Khususnya bagi yang pelupa (seperti saya terutama hehe), membuat pengingat tentang jadwal-jadwal kegiatan yang akan kita lakukan tentu sangatlah perlu. Terlalu repot bila harus menuliskannya di buku, mengetik di hp atau menyimpannya di laptop.

Jidat saya jadi tipis lantaran suka ditepok sambil bilang "Aduhhh.." atau "O iyaa lupa..." Akhirnya saya membuat seperangkat alat yang bila di isi dengan seksama tidak akan menimbulkan kerugian terhadap jidat dan tidak diomeli suami pastinya karena lupa mengingatkan.

Hak suami atas istri

Dalam kehidupan rumah tangga, perlulah kiranya pengetahuan dasar tentang hak-hak suami atas istri, sehingga bagi istri lebih bisa mengkoreksi dan berbenah diri dengan harapan tercipta sebuah rumah tangga yang sakinah mawadah warahmah.

Rasulullah pernah bersabda :
"Andai saja aku dapat memerintahkan seseorang untuk sujud kepada orang lain, maka aku akan perintahkan istri untuk sujud kepada suaminya." (HR. at-Tirmidzi)

18 Feb 2013

Ceritaku : Membangunkan suami part 1

Mulai dari yang halus-dipijit-pijit sambil dipanggil- sampai yang kasar-dipanggil sambil digelitikin- semua sudah saya lakukan. Pernah juga saya mengalahkannya main adu kepala ayam. Jadi dua tangan seperti gerakan menggenggam hingga jempol dan jempol saling bertemu. Di sinilah adu ketangkasan dan kecepatan, siapa yang bisa memencet jempol tangan lawan terlebih dahulu, ialah pemenangnya. Dalam keadaan normal, meskipun saya bisa berkelit ke kiri dan kanan atau bersembunyi di dalam genggaman atau mencoba menyerangnya balik, tentu saja saya selalu kalah. Nah kesempatan inilah emas untuk saya, ketika ia baru membuka mata, saya kadang-kadang dengan tiba-tiba menggenggam jempol jarinya sambil berteriak kecil, "menang." Kontan matanya langsung terbuka, tak terima dengan ketidakadilan tersebut. Belakangan saya jarang melakukannya lantaran ia suka protes, "jangan gitu ah, curang."

Bangun sahur kali ini agak berbeda, saya mengajaknya berhitung agar matanya lekas terbuka.  Kira-kira seperti ini percakapan kami.

16 Feb 2013

Resep Martabak Tahu Sederhana

Karena rumah saya agak jauh dari pusat kota, agak sulit untuk sekedar menemukan tukang jualan martabak. Harus naik motor dulu sekitar 1/2 jam untuk dapat menjangkaunya. Gunung Sindur, adalah ujung kota Bogor yang berbatasan dengan Tangerang Selatan. Pernah suatu ketika kami pergi ke Gramedia di Botani Square kota Bogor, sampai di rumah jam 10 malam, padahal sekitar jam 8 kami sudah bersiap hendak pulang. Mengobati rasa rindu akan martabak, akhirnya saya berinisiatif untuk membuat sendiri martabak tiruannya, sebut saja martabak tahu. Setelah berjalan sekitar 10 - 15 menit, sampailah saya ke tukang sayur yang masih buka sampai sore hari.

14 Feb 2013

Cara Membuat Nasi Goreng Kambing

Suatu senin, kami membeli banyak sate dan sop kambing untuk berbuka. Ternyata makanan tersebut sisa banyak sekali, karena perut kami sudah di isi es buah terlebih dahulu. Akhirnya keesokan harinya saya membuatnya sebagai menu sarapan, tak lain dan tak bukan, nasi goreng kambing namanya.

11 Feb 2013

Cara membuat capcay kuah sederhana

Kali ini saya akan mengajak anda melirik sekilas tentang cara membuat capcay, capcay loh ya, bukan cap lang.. :-)
Yang pertama anda harus lakukan adalah tentu saja pergi ke tukang sayur dan membeli bahan-bahan yang diperlukan, yaitu :
  • 1 bunga kol
  • 2 bh wortel
  • 4 pcs jagung muda/utri
  • 1 btr telur
  • cabai rawit jumlahnya sesuai selera

9 Feb 2013

Cara Membuat Rak Buku Sederhana dari Papan


Mengingat kebutuhan kita akan ilmu, buku tentunya juga akan menjadi bagian penting dalam kehidupan kita. Semakin banyak buku yang dibeli, mungkin kita mulai kehabisan tempat di lemari atau rak buku kita. Nah untuk mengantisipasinya, anda dapat membuat rak buku sederhana yang terbuat dari papan. Anda dapat pula menaruh jam mungil, hiasan boneka atau tempat pensil di atas rak ini.

5 Feb 2013

Melumpuhkan nyamuk sekali tepuk


Hewan yang satu ini pasti sudah sangat familiar bagi kita. Saat malam tiba, ia pun bergegas dari sarangnya. Nyamuk ini suka sekali memancing, terutama adalah memancing emosi kita. Orang yang penyabar pun, tiba-tiba menjadi pembunuh yang kejam, hohoho...

4 Feb 2013

Jangan lakukan ini pada suami anda

Dari sifat pembawaan juga lingkungan, masing-masing individu tentunya memiliki watak dan perilaku yang berbeda-beda. Namun bagi kebanyakan pria, umumnya mereka memiliki kesamaan dalam sikapnya terhadap wanita, misalnya sama-sama tidak suka dibandingkan dengan pria lain, dan sebagainya. Dalam membina rumah tangga,perlulah kiranya kita hindari hal-hal yang tidak disukai suami yang bahkan bisa memicu pertengkaran kecil dalam keluarga.

Cara Membuat Tempat Pensil Unik dari Kardus Bekas

Punya banyak sampah bekas bungkus teh atau sampho? Eits.. Jangan buru-buru berhasrat untuk membuangnya. Karena sampah ini bisa kita gunakan untuk hal yang lebih bermanfaat. Karena ukuran dan bentuknya yang berbeda-beda, hasilnya pun akan bervariasi. Anda dapat membuat modelnya sesuai keinginan anda sendiri. Semakin kreatif, semakin unik hasil dari tempat pensil tersebut.