29 Apr 2013

Ceritaku : Terkunci di Luar Rumah

Ceritanya hari ini mau periksa ke bidan. Mandi jibar jibur kami pun siap berangkat. Jaket, helm, dompet semua lengkap. Sekedar info kunci rumah kami ada 2. Satu kunci bersatu dengan segerombol kunci motor dan kunci-kunci lain. Yang satunya biasa nempel di pintu. Nah kalau bepergian, saya ambil kunci yang nempel, lalu mengunci pintu dari luar dengan kunci yang bergerombol tadi. 

Memang agak seret dan kunciya susah ditarik kalau dikunci dari luar. Mungkin karena takut kesorean suami tiba-tiba bilang, "Aku aja yang ngunci pintu..."

24 Apr 2013

Membuat Paper Box (Tempat Kertas) Unik dari Kardus Bekas


Beberapa waktu lalu saya membuka sprei baru, "wahh, ada kardus nganggur nih, jadi apa ya...?" Dan setelah beberapa menit, jadilah saya punya perabotan baru. Kardus itu saya sulap menjadi tempat kertas atau nama kerennya Paper Box, lantaran suami yang gemar sekali membawa kertas dari sekolah, sampai saya bingung hendak dikemanakan kertas-kertas tersebutYang unik, pernik saya ini sudah pasti beda sama tempat kertas di kantor-kantor yang biasa di beli di toko alat tulis :-).

20 Apr 2013

Semangat Bergerak Ibu Rumah Tangga!


Saya hanya seorang ibu rumah tangga biasa. Beberapa hari sebelum menikah, saya mengajukan surat pengunduran diri di tempat saya bekerja karena suami menginginkan saya sepenuhnya di rumah. Saya belajar menjadi istri yang baik dan bersiap menjadi guru pertama bagi anak kami kelak. Agak sulit memang, tipe orang yang suka bekerja bahkan sering lembur, tiba-tiba harus mengurus rumah. Sempat saya utarakan niat saya untuk kembali bekerja, "Bukankah pisau yang tidak digunakan akan lebih mudah berkarat?" bujuk saya pada suami. Namun hal itu rupanya tidak berdampak apa-apa. Ya, saya tetap "berdiam" di rumah. 

Diam itu emas, namun diam adalah option kedua, jika tidak bisa berbicara yang baik atau bermanfaat. Lain halnya dengan perbuatan. Apa jadinya jika wirausahawan di luar sana hanya diam saja? Bangkrut sudah pasti di depan mata.  

18 Apr 2013

Resep Sambal Tomat Tabur Teri Goreng


Bagi anda penyuka masakan pedas, tentu sudah tidak asing dengan sambal tomat yang sudah sangat merakyat. Sambal ini bisa menghilangkan penat dan membuat semangat, jika disertai banyak cabai rawit akan memaksa anda mengucurkan keringat :-)

13 Apr 2013

Super hemat : makan padang di rumah

Masakan padang memang nikmat, tapi kalau keseringan makan di warung padang, isi kantong bisa kurang bersahabat :-)

Nah untuk menyiasatinya, saya membeli lauk di warung padang, satu ekor ikan mujair goreng yang dari kejauhan sudah terbayang kriuknya, lalu saat si mbaknya bilang, 'Apalagi?'


11 Apr 2013

Resep Sayur Sop Brokoli Tahu Putih


Selain sedap, brokoli termasuk sayuran yang banyak mengandung asam folat. Menurut situs wikipedia, terdapat pula di dalamnya vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane). Selain itu, brokoli mengandung senyawaan isotiosianat yang, sebagaimana sulforafana, ditengarai memiliki aktivitas antikanker.

Bagaimana jika brokoli ini berendam dalam kuah bersama tahu putih, wortel, tauge dan tomat? Banyak sekali gizi tentunya. Yuk kita paksa mereka menyatu dalam sedapnya kuah sop sayur brokoli... :-)

7 Apr 2013

Program Pertukaran Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil

Membaca Republika yang terbit 28 Maret 2013 pada kolom uswah, nampaklah Dyah Widiastuti. Seorang pelajar yang pernah mengikuti program pertukaran pelajar di Tokyo dan juga peraih beasiswa Chevening 2010-2011 yang membawanya terbang dan akhirnya mengenyam S2 di Inggris. Pengalamannya ini ia aplikasikan untuk anak bangsa, dengan program yang dirintisnya berupa pertukaran pelajar SMP antar daerah dari Sabang sampai Merauke. Ia dan kedua rekannya sepakat untuk mendirikan Sabang Merauke (Seribu Anak Bangsa Merantau Untuk Kembali). Program ini bertujuan untuk berbagi multikulturalisme, membuka cakrawala anak-anak Indonesia dan menanamkan nilai toleransi pada kebhinekaan.

Menilik peristiwa ini, saya jadi berinisiatif pula untuk mengadakan pertukaran makanan sehat bagi ibu hamil, mengingat ada sahabat yang sedang hamil juga. Jadilah tiap sepekan kami bertukar makanan sehat. Karena saya kurang rajin untuk membuat atau makan ini dan itu, manakala ada bayi lain yang harus dipikirkan, tentu akan menambah semangat dalam rangka memperbanyak konsumsi makanan sehat, selain itu bayi diajarkan untuk berbagi sesama saudara sejak dini, hehehe

Untuk menambah wawasan ibu, ke depannya program ini akan kami kembangkan dengan pertukaraan buku.

Semangat!!! :-)