11 Feb 2016

Menghidangkan Coklat Panas untuk Kesehatan Tubuh (Alternatif Kopi & Teh)

Masyarakat Indonesia terbiasa dengan budaya minum teh/kopi dipagi dan sore hari, orang sunda biasa menyebutnya "nyahi". Tapi pernahkan mencoba coklat sebagai pengganti teh/kopi? Mungkin sesekali kita bisa mengganti menu kopi/teh dengan secangkir coklat panas

  1. Anak muda sekarang banyak yang mulai terserang pikun dini atau lupaan, terutama masalah kunci :). Nah, bagi yang merasa silahkan boleh dicoba ya nyahi coklatnya. Coklat memiliki kandungan flavonoid yang bisa melancarkan aliran darah dan oksigen menuju otak. Oleh sebab itu secangkir coklat panas bisa meningkatkan kemampuan otak dan menjaga kesehatannya. Sehingga, dapat mempermudah kita dalam berpikir secara cepat. Cobalah untuk minum 2 gelas cokelat panas setiap harinya. Hal ini dapat membantu meningkatkan daya ingatmu. Tetapi dengan catatan “jangan terlalu banyak menggunakan atau menambahkan gula di dalamnya!”
  2. Kaya anti oksidan. Merujuk penelitian yang dilakukan oleh Cornell University, coklat hangat lebih banyak mengandung antioksidan dibanding teh hijau dan wine. Bahkan banyaknya kandungan antioksidan pada cokelat hangat, bisa mengalahkan kandungan antioksidan pada coklat batangan. Jadi, tak usah pikir panjang untuk minum coklat panas, manfaat dan kelezatannya sudah tak diragukan lagi.
  3. Mood booster. Saat beraktifitas atau ingin mengerjakan sesuatu, tak jarang kita sering merasa bad mood atau tidak dalam kondisi terbaik. Secangkir coklat panas ternyata bisa meningkatkan mood kamu. Hal ini dikarenakan coklat panas mampu menstimulasi produksi endorfin yang juga bisa membuat kamu merasa bahagia seketika. Selain itu, minuman ini juga sangat cocok juga untuk mengatasi stres, depresi, dan rasa cemas. Kamu butuh mood booster? Minum secangkir coklat panas!
  4. Coklat panas juga baik bagi kesehatan pembuluh darah arteri dan membantumu mencegah penyakit jantung. Coklat panas memiliki kandungan flavonoid yang berguna untuk menjaga kesehatan arteri dalam tubuh. Sehingga peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar, serta mengurangi tekanan darah dan mencegah penyakit jantung. Sebagai catatan, usahakan untuk tidak mengonsumsi 2 gelas lebih dalam sehari, agar manfaat coklat bisa sepenuhnya kamu dapatkan.
  5. Membantu diet. Bagi yang sedang diet atau mengurangi berat badan, coklat panas bisa membantumu dalam memenuhi hal itu. Dengan meminum coklat panas dapat membantumu untuk mengontrol nafsu makan dan keinginan ngemil yang berlebihan. Dengan secangkir cokelat panas yang rendah kalori dapat memenuhi hal tersebut dan membantumu untuk menurunkan berat badan juga.

No comments: