May 8, 2014

Ngajar asik : seri mencuri perhatian murid

"Hayo siapa yang berani menyanyi di depan kelas?"
20 tahun silam, kala guru bertanya seperti itu, maka anak-anak akan tertunduk malu, mungkin ada sebagian yang melihat ubin sembari bermain sepatu.

Dengan pertanyaan yang sama, akan ada anak murid yang menjawab, "Saya...saya...saya dulu yang maju ya buu...!"
Nah, itulah anak murid jaman sekarang.

Tak heran jika sahabat Ali bin Abi Thalib pernah berpesan, "Didiklah anakmu sesuai jamannya."
Jaman dulu murid belajar tekun demi mendapat perhatian guru, jaman sekarang guru yang harus pandai-pandai mencari perhatian murid. Kadang-kadang saya merasa dada saya semakin tipis saja, kebanyakan di elus sambil bilang, "Hufftt...sabar..." #hehe curhat.

Apr 2, 2014

Cara membuat tempat lilin dan tempat sampah mini dari kardus bekas

Terkadang kita malas membuang sampah bungkus permen atau bekas tissue ke dapur atau tempat sampah yang disediakan di rumah. Cuma kecil banget tapi kita harus berjalan ke ujung dapur, ke ruang tamu bahkan ke TPS (hihi...gak lah yaw, sampe naik kendaraan segala). Nah untuk mengantisipasinya kita bisa membuat tempat sampah mini. Tapi khusus sampah kering aja yaa. Setelah kita punya waktu luang atau sekalian lewat, baru kita buang. Nah tempat sampah mini ini bisa juga kita gunakan sebagai tempat lilin di kala mati lampu. Tapi kalau mati lampu jangan menaruh lilin di tempat tinggi yaa... Takut tersenggol kita atau tersenggol cicak. Sebaiknya taruh lilin di lantai...
Gimana sih bentuk tempat lilin dan tempat sampah mini? Tidak sulit kok untuk membuatnya sendiri. Caranya mudah bin gampang.

I am back :-)

Wahh sudah lama ga ngepost,kangen juga sama blog ini. Sibuk ngurus baby sama ngajar jadi tak sempat buka :-)

Alhamdulillah telah lahir putra kami yang pertama : Ahmad Ghasan Al Fatih November tahun lalu.

Say welcome to us... Hoho... :-)



Mar 31, 2014

Produk Alhuda Craft : Lampu hias, kado dan pernak pernik super unik dan lucu

alhudacraft_ID
Jln. Bangka V No 28 RT 12 RW 03 Pela Mampang Jakarta Selatan
Pin BB 7454CC3C
083876086866

Al Huda Craft : Lampu hias dan pernak pernik lucu

Tersebutlah suatu daerah di mampang jaksel. Tinggal di sana sebuah keluarga yang dikaruniani banyak anak. Sulung  dari lima anak tersebut sekarang tinggal bersama kami, ayah ghasan :-)

Sang ibu (i mean mertua saya) sedari gadis hingga kini masih mengajar dan menggeluti SBK. Beliau gemar sekali melukis.
Di bawah ini ada contoh hasil karya beliau yang belum jadi :-)

Jun 30, 2013

Membuat Cemilan : singkong rebus gula merah manis dan legit


Sudah lama tak makan singkong, bila direbus ia bisa menjadi cemilan tradisional yang mengenyangkan. Bisa juga diolah menjadi keripik atau cemilan lain. 

Sewaktu saya kecil, keluarga kami masih suka menanam singkong di kebun. Letaknya di dekat kali, sebenarnya lebih mirip sawah, tapi kami sering menyebutnya tegal. Sekarang lebih suka ditanami padi. Saat musim panen singkong tiba, nenek gemar memasak aneka olahan singkong, semisal nasi tiwul, singkong rebus, keripik dll. Beliau sering merebus singkong dalam partai besar, lalu di bagi2kan ke anak dan cucunya. Biar tidak bosan, nenek kadang-kadang memasukkan gula merah ke dalam kuah rebusan singkongnya, agar cucunya yang tidak suka tawar ikut memakan singkong.

Jun 1, 2013

Cara Menghias Kado Cantik Bentuk Rumah

Nah, ini dia satu lagi koleksi pernik cantik dari kami. Masih ingat cara membuat bentuk bunga dari origami yang kami post beberapa waktu lalu? Bunga tersebut ternyata bisa dikembangkan untuk menghias kado lho... Uniknya, kado ini jadi mirip seperti relief alias timbul.

Saya punya buku buat kado pernikahan teman, bentuk kotak dari buku itu langsung melayangkan angan saya tentang rumah. Hihi, rumah terus.. gapapa deh...

Sudah siap semua bahannya? Jangan lupa lem, gunting, kertas kado dan kertas origaminya ya...