Laman

8 Apr 2020

Hemat Listrik Menangkal Wabah Covid 19

Pendahuluan

Listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat Indonesia, tanpa listrik kita tidak bisa masak nasi, belajar dan bekerja, kepanasan (kalau pake AC), bermedia sosial, dll. Listrik di Indonesia dikelola oleh Perusahaan Listrik Negera (PLN) satu-satunya perusahaan yang berwenang mengelola listrik, walaupun sumber listriknya bisa dari swasta juga.



Menurut data dari kementrian ESDM tahun ini dana subsidi listrik pemerintah adalah 62,21 Triliun (Rp), pemerintah mengalokasikan anggaran cukup besar untuk membiayai listrik untuk masyarakat.

Disisi lain (akibat Covid 19) Pemerintah mengeluarkan kebijakan baru terhadap subsidi listrik, yaitu gratis listrik selama 3 bulan bagi pelanggan PLN 450VA dan diskon 50% bagi pelanggan 900VA, ini berarti bisa jadi pemerintah menambah alokasi subsidi yang tadinya 62,21 Triliun entah menjadi berapa Triliun.

Beban tambahan bagi Pemerintah.

Logika Hemat Listrik Menangkal Covid

Lalu dari mana asalnya hemat listrik bisa menangkal Covid 19? Listrik adalah beban Operasional yang harus dibayar secara pasti setiap bulan bahkan setiap hari. Logika Simple. Kurangi beban operasional maka anggaran dapat dialokasikan ke Kesehatan.

Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta mengumumkan sebanyak 162.416 pekerja di Ibu Kota dirumahkan dan kena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat lesunya ekonomi nasional karena pandemi virus Corona atau Covid-19. Pekerja tersebut berasal dari 18.045 perusahaan. Rinciannya, 30.137 pekerja dari 3.348 perusahaan terkena PHK dan 132.279 pekerja dari 14.697 perusahaan terpaksa dirumahkan untuk sementara waktu. Gaji karyawan adalah beban OperasionalKurangi beban operasional listrik agar anggaran dapat dialokasikan ke Gaji karyawan.

Kenapa harus kita yang hemat? Ada beberapa alasan.
  1. 3 M (Mulai dari diri sendiri, Mulai saat ini, Mulai dari yang terkecil)
  2. Hal yang gampang, ringan dan gak terasa seperti kita ngasih sesuatu. Terkadang kita berat kalo ngasih sesuatu ke orang walau sekedar 1000 rupiah ke pak ogah dipinggir jalan. Ini solusinya.
  3. Kalau bukan kita siapa lagi? 
  4. Kita semua bisa, bahkan walau anda tidak punya uang atau bahkan masih punya utang, anda bisa melakukannya
  5. Dari semua kalangan bisa melakukannya, dari kalangan elit sampai masyarakat yang sulit
  6. Pasti ada alasan lain, silahkan komentar aja ... 

Simulasi Perhitungan Donasi jika anda menghemat AC dalam sebulan

1 unit AC yang dipasang ketika kamu nyalakan ketika kamu mau tidur. Sebut saja pukul 21.00 hingga 05.00 alias delapan jam. Maka total daya dari penggunaan AC dalam sehari adalah 750 x 8 = 6 ribu watt

Jika harga per Kwh adalah Rp 1.467,26 maka biaya listrikmu dalam sehari adalah: 6 Kwh x Rp 1.467,26 = Rp 8.803,56, secara tidak langsung dalam sehari anda mendonasikan 8ribu rupiah jika dikalikan 30 hari, maka Rp 264.106,8 anda donasikan untuk masyarakat terdampak Covid 19 secara TIDAK SADAR!

Coba dan buktikan!


No comments:

Post a Comment