9 Mar 2016

Cara Membuat Bolu Lembut dan Empuk Part 1

Pernah bikin bolu tapi bantat? Saya pun pernah mengalaminya. Tapi sebagai seorang insan yang gigih dan pantang menyerah, tentu hal tersebut tak mengurungkan niat saya untuk terus bereksperimen hingga akhirnya berhasil lah saya menaklukkan bolu. Hahai.. Bolu bikinan sendiri tentu lebih terjamin dan higienis, bisa buat cemilan di rumah biar anak jangan terlalu banyak jajan. Hihi..


Resep ini saya dapat dari tante saya. Setelah melalui beberapa percobaan, saya modifikasi dan sepertinya resep seperti ini lah yang saya pikir pas sesuai selera saya. Oya saya pakai SP karena hasil lebih bagus drpd saya pakai baking powder. Jadi bagaimana cara membuat bolunya? Seperti ini resep membuat bolu lembut dan empuk part 1

Bahan:
1/2 sdm SP
1 gelas terigu
1 gelas gula
3 btr telur
100 gr margarin (setengah

Cara membuat:
1. Siapkan kukusan
2. Lelehkan margarin, sisihkan
3. Olesi cetakan bolu dg margarin, taburi terigu
4. Mixer telur SP dan gula sampai mengembang dengan kecepatan tinggi (tandanya adonan berwarna putih)
5. Masukkan terigu sedikit demi sedikit, aduk rata
6. Masukkan margarin, mixer lagi

7. Masukkan ke loyang

Belakangan saya suka bikin yang berwarna. Jadi setengah saya masukkan ke loyang. Separuhy lagi saya beri pewarna dan saya tambahkan di atasnya, jadi dua warna. Hohoho..

8. Kukus adonan kurang lebih 20-30 menit.
Oya tutup panci lilit pakai serbet atau kain bersih ya, biar air tdk menetes
Dan taraa...jadi deh bolu kukusnyaa

Sekian dulu resepnya

Happy cooking :-)

No comments: