14 Feb 2015

5 Adab yang lupa diajarkan orang tua kepada anaknya

1. Baca doa sebelum beraktifitas
Agar senantiasa berkah dan diridhoi hendaknya kita selalu memohon perlindungan Allah SWT dalam semua kegiatan yang kita lakukan.

2. Makan dan minum dengan tangan kanan dan dari hidangan yang terdekat.

Dari Abdullah bin ‘Umar radhiallahu anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِيْنِهِ، وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِيْنِهِ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ

“Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika dia minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula.” (HR. Muslim no. 2020)



3. Makan dan minum sembari duduk lebih utama
Asal jangan sambil tiduran saja. Karena masih ada yang menyuapi anak sambil tiduran dan nonton tivi dengan dalih yang penting mau makan.

4. Mengucap salam
Suka geregetan deh sama anak yang suka nyelonong aja masuk rumah orang.. Nahh.. mengajari anak mengucap salam dan adab bertamu juga penting lho ternyata.

5. Minta maaf dan mengucap tolong
Berebut mainan dan berantem kecil dengan teman memang biasa. Yang nggak biasa itu kalo orang tua jadi ikut-ikutan berantem juga hehe. Ajari anak untuk meminta maaf jika ia salah. Biasakan juga untuk meminta tolong jika ia membutuhkan sesuatu.

Semoga kita sebagai orang tua bisa menjadi teladan yang baik untuk anak-anak kita.

Ummu Ghasan

No comments: