30 Jun 2013

Membuat Cemilan : singkong rebus gula merah manis dan legit


Sudah lama tak makan singkong, bila direbus ia bisa menjadi cemilan tradisional yang mengenyangkan. Bisa juga diolah menjadi keripik atau cemilan lain. 

Sewaktu saya kecil, keluarga kami masih suka menanam singkong di kebun. Letaknya di dekat kali, sebenarnya lebih mirip sawah, tapi kami sering menyebutnya tegal. Sekarang lebih suka ditanami padi. Saat musim panen singkong tiba, nenek gemar memasak aneka olahan singkong, semisal nasi tiwul, singkong rebus, keripik dll. Beliau sering merebus singkong dalam partai besar, lalu di bagi2kan ke anak dan cucunya. Biar tidak bosan, nenek kadang-kadang memasukkan gula merah ke dalam kuah rebusan singkongnya, agar cucunya yang tidak suka tawar ikut memakan singkong.



Akhirnya ketemu juga sewaktu beli sayur. Dengan Rp 3000,00 saja, saya sudah bisa membawa pulang 1 kg singkong dari si ibu tukang sayur. Bahannya hanya air, singkong dan gula merah.


Berikut cara membuat singkong rebus gula merah sederhana :
  1. Kupas dan cuci bersih singkong, potong2 sesuai selera.
  2. Masukkan air secukupnya ke dalam panci. Masukkan singkong.
  3. Saya membaginya menjadi 2 sub menu. Setelah singkong matang, saya angkat. Jadilah ia singkong rebus biasa. Singkong ini pada bila tidak habis dalam 1 hari, keesokan harinya akan bisa digoreng, camilan kesukaan suami. Bila masih ada banyak, yang lainnya bisa di iris agak tipis untuk jadi keripik singkong, ditaburi garam jadi kriuk-kriuk asin gimana gitu, hihi...
  4. Kembali ke sisa singkong yang masih ada di dalam panci, saya tambahkan gula merah. Bila perlu tambahkan air agar kuah manisnya lebih banyak. Masak sampai gula merah meresap. Airnya ini enak bila diseruput :-)
  5. Atau bisa juga dimasak secara terpisah. Rebusan singkong biasa yang ditambah garam. Dan rebusan singkong khusus gula merah.
  6. Dan tarra... Jadilah singkong rebus gula merah yang manis dan legit

No comments: