5 Feb 2013

Melumpuhkan nyamuk sekali tepuk


Hewan yang satu ini pasti sudah sangat familiar bagi kita. Saat malam tiba, ia pun bergegas dari sarangnya. Nyamuk ini suka sekali memancing, terutama adalah memancing emosi kita. Orang yang penyabar pun, tiba-tiba menjadi pembunuh yang kejam, hohoho...
Nyamuk suka bersembunyi di balik tumpukan baju-baju, makanya jangan menggantung baju, macam tarzan saja bergelantungan :-D. Suka air yang menggenang, maka jangan lupa tuk selalu membersihkan kamar mandi.

Nyamuk, dengan mulutnya (it called probosis), disertai pisau yang akan merobek kulit kita maju mundur untuk menemukan urat darah, setelah itu barulah ia menyedot darah kita. Dalam operasinya, nyamuk mengeluarkan air liur yang mengandung antikoagulan untuk mencegah darah yang ia hisap membeku. Proses ini berlangsung cepat dan seolah-olah proses yang terjadi adalah nyamuk menusuk tubuh padahal tidak begitu, nyamuk membedah kita seperti layaknya dokter bedah yang cepat dan akurat. Setelah nyamuk kenyang dia akan mencabut probiosis dan terbang. Air liur nyamuk yang tertinggal di kulit korban akan merangsang tubuh layaknya ada benda asing yang mengganggu, nah saat itulah kita akan merasakan gatal-gatal atau alergi. Begitu mr. wikipedia menjabarkan bagaimana asal muasal rasa gatal itu.

Menggunakan pestisida untuk membasminya bisa saja mengganggu kesehatan, yang acapkali kita lakukan adalah menepuk kedua tangan kita dan berharap nyamuk nakal tersebut menghembuskan nafas terakhirnya di tangan kita. Namun apa yang kita dapati jika saat membuka tangan, tak nampak batang hidungnya nyamuk yang berkeliaran itu? kecewa mungkin. Namun jangan kuatir, karena anda dapat menggunakan cara lain untuk membunuh hewan yang suka ber'ngiung-ngiung' ria di sekitar kita. Caranya dengan menamparnya ke arah bawah, seperti ketika mendrible bola basket, namun dengan sangat keras seperti saat memukul shuttlecock. Dengan gerakan anda tersebut, seketika sayap nyamuk akan bengkok dan ia sudah tiada berdaya lagi untuk terbang, di sinilah anda bisa tertawa jahat, hahaha...

Eits, jangan tertawa terlalu lama, karena nyamuk tersebut belum mati, kita hanya melumpuhkannya dan menyebabkan ia tak lagi dapat terbang. Saat ia tak berdaya di dasar lantai, barulah kita dapat membunuhnya. Pencet saja kepalanya agar ia tak terlalu lama menderita. Nyamuk yang masih langsing atau yang  belum menghisap darah, lebih gesit dari pada nyamuk yang sudah kenyang, seperti gambar di samping. Nyamuk yang sudah gendut, lebih mudah dilumpuhkan. Ketika ia terkena sabetan tangan kita, serta merta darah di perutnya langsung muncrat, perutnya terkoyak, ohh mengenaskan sekali. Namun mungkin saja darah tersebut berasal dari tubuh kita.

Seperti itulah tips cara melumpuhkan nyamuk. Boleh dipraktekkan di rumah masing-masing. Selamat mencoba.

No comments: