21 Dec 2012

Resep Sambel Tempe Sederhana


Setiap pagi, kadang-kadang saya bingung membuat menu sarapan. Ketika siang, saya bingung menyiapkan makan siang dan sorenya, masih bingung juga memikirkan apa yang baik untuk di santap saat malam tiba (kayaknya bahasa kadang-kadangnya kurang tepat ya.. :-)

Tiba-tiba muncul di benak saya tentang sebuah resep yang saya dapat di rumah mertua. Sederhana, cepat dan bergizi. Proses memasaknya sendiri tak lebih dari 10 menit. Tersebutlah namanya sambel tempe. Usut punya usut resep ini ternyata dari ayahnya sang suami, ibu mertua sempat protes melihat tempenya di uleg-uleg, tapi setelah tahu rasanya (jadinya tempe apa tahu sih?bingung..hihi), ibu mertua tak pernah protes, bahkan sesekali, beliau rajin membuat sambel ini sebagai menu sarapan (jadinya sesekali apa rajin ya?bingung part 2, hehe...). Hmm..seperti apa ya kira-kira?cekidot yuk.
Bahan :
- Tempe segar
- Bawang putih
- Cabe merah
- Garam

Cara membuat :
Uleg bawang putih, garam dan cabe merah, boleh juga ditambah cabe rawit di cobek masing-masing (atau pinjem punya tetangga bilamana tidak punya). Sebelumnya anda harus memastikan tempe yang akan di masak masih dalam keadaan segar. Lalu potong kira-kira tebal 1 cm. Goreng setengah matang, ato matang sekalian, sesuai selera. Angkat, campur dengan bumbu yang masih di cobek, dicampur dengan daun kemangi akan lebih beraroma. Uleg lagi dengan penuh semangat.

Satuan bahan ini bisa bervariasi, misalnya untuk 2 orang cukup gunakan setengah tempe saja dengan 1 siung bawang putih dan 2 cabe merah besar di tambah cabe rawit 1  atau 2 biji, sesuai selera. Bisa disajikan dengan bakwan jagung atau masakan lain. Apalagi nasi dan sambelnya masih hangat, hmm jangan di tanya, langsung praktekkan saja ya buu. Happy cooking… :-)

No comments: