23 Dec 2012

Resep Perkedel Kentang Rebus Gurih

Membuat perkedel memang mudah, tapi kali ini saya akan mencoba resep yang bisa membuat perkedel anda lebih gurih dan lezat.

Bahan yang diperlukan :
- 1/2 kg Kentang
- Merica
- Garam
- Bawang putih
- 1 btr telur
- Minyak goreng sucukupnya 

Cara membuat perkedel kentang rebus sederhana ini adalah :
  1. Cuci kentang lalu rebus sampai matang. Jangan dikupas kulitnya karena akan mengurangi kandungan gizi di dalamnya. Oya jangan terlalu matang juga ya. Karena bisa kempyar alias tidak menyatu saat di goreng.
  2. Sementara menunggu matang, haluskan bawang putih merica dan garam. Nahh... saya kasih bocoran ya.. Untuk menghasilkan bumbu yang pas, sebenarnya bisa dicium dari aromanya. Kemarin saya membuat bumbu, tapi setelah saya cium sepertinya terlalu menyengat, akhirnya saya tambahi 1/2 siung bawang dan wooww... sudah pas rasanya. Jadi insting di sini sangat diperlukan, hohoho...
  3. Setelah kentang matang, biarkan dingin lalu kupas kulitnya. Kalau saya biasa mengupas saat masih panas karena akan lebih mudah menyerap bumbu dan mudah menghaluskan
  4. Campurkan dengan bumbu. Jangan dicampur dengan putih telur agar adonan tetap menyatu.
  5. Bentuk bulatan agak pipih. Kalau saya lebih suka yang bulat sempurna.
  6. Kocok telur, lalu lumuri dengan telur adonan yang sudah berbentuk
  7. Goreng hingga matang
Dan Tarrra....
Siap disajikan perkedel kentang rebus yang gurih dan lezat. Apalagi disajikan dalam keadaan hangat. Hmmm...
Patut diicoba bukan?
:-)

No comments: